} -->


web stats

Jumat, 07 Februari 2014

Permainan Pramuka di Pancargas

Artikel Elbi & Melti


Permainan Pramuka




A. Permainan Detektif.
            Permainan Detektif ini dapat dilakukan selama perjalanan(ketika study tour/berkemah), kita bisa mencari tiga hal yang berbeda yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya, menara mesjid, orang berjenggot,dan mobil tanki bahan bakar. Siapa yang melihat salah satu hal tersebut lebih dulu langsung menyebut hal/benda itu sekeras-keras. Pemenangnya adalah orang pertama yang menemukan ketiga hal tersebut. Pemenang dibolehkan menentukan 3 hal/benda berikutnya.






B.Si Mata Elang.

            Dalam permainan Si Mata Elang kita perlu membuat beberapa alat, yaitu 10-20 kartu(kertas karton) yang ditulis beberapa hal yang menarik tetapi umum terdapat di sepanjang perjalanan kita berwisata/menuju tempat berkemah.

(mesjid,sekolah,stasiun,jembatan,kuda,anjing,kucing,ayam,sepeda,kotak pos, dan sebagainya). Kartu-kartu itu dibagi rata diantara para pemain yang ada. Para pemain harus menentukan hal-hal yang tertera di atas kartunya selama dalam perjalanan. Siapa yang berhasil lebih dahulu menemukan semua hal yang tertera pada kartu , dialah pemenangnya.



Catatan BOYMAN :

            Pramuka adalah pemuda yang jiwanya selalu riang dan aktif. Oleh karenanya permainan adalah salah satu bentuk kegiatan yang paling tepat untuk meningkatkan semangat Pramuka!



Oleh : Wulfi

Sumber : Boyman dan Internet
Lokasi: Singosari, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar