} -->


web stats

Minggu, 02 Februari 2014

Pramuka Malang Raya : Bagaikan Kisah Three Kingdom

Artikel Elbi & Melti

Pramuka Malang Raya : 
Bagaikan Kisah Three Kingdom



Mengulas sebuah kisah setelah menonton film Kolosal Mandarin " Red Cliff " yang menceritakan 3 Kerajaan/Negara besar di Tiongkok setelah runtuhnya Dinasti Han. Film yang sangat menarik bahkan trik dan strategi perangnya juga. Ketiga Kerajaan/Negara tersebut yaitu Wei, Shu dan Wu. Kerajaan-kerajaan tersebut dipimpin oleh para pemimpin hebat dan penasehat yang hebat pula. Ketiga kerajaan / negara ini bersaing satu sama lain dengan memiliki cita-cita dan tujuan yang sama yaitu menyatukan negeri Tiongkok. Hebatnya kisah ini menjadi karya sastra klasik paling populer di dalam sejarah Tiongkok.

Lalu apa hubungannya dengan kisah Three Kingdom dengan Pramuka Malang Raya?


Sedikit menggambarkan berkembangnya Kepramukaan di Malang Raya, yang kita fokuskan pada golongan Penggalang. Saat ini semakin banyak Gugus Depan hebat dan kuat yang mulai berjuang dengan kreatifitas dan kemampuannya. Bersaing dalam segala hal yang positif dalam ber-Pramuka baik dalam segi prestasi sosial maupun prestasi di ajang perlombaan. Tentu hal tersebut sangat membanggakan, melakukan banyak kegiatan positif untuk membesarkan nama Malang Raya. 

Dalam segala persaingan yang ada, terdapat tiga ciri khas yang berbeda dengan wilayah yang berbeda pula. Inilah yang menggambarkan kemiripan dengan kisah Three Kingdom. Ketiga ciri khas dan wilayah yang dimaksud adalah Pramuka Malang Selatan, Pramuka Kota Malang, dan Pramuka Malang Utara. Bila kita gambarkan gudep adalah Jenderal Besar, maka bisa kita lihat betapa banyak Jenderal-jenderal Besar di tiga wilayah tersebut. Mereka berusaha bersaing sportif dan aktif dalam kegiatan Pramuka. Ada juga yang bergabung untuk bersahabat dan saling bertukar informasi dan metode latihan. Sangat menarik bukan? Selain itu diluar keinginan untuk selalu bersaing hebat, mereka memiliki tujuan yang sama yaitu berusaha membuat Pramuka menjadi lebih menarik dengan metode dan cara masing-masing Gudep tersebut. 

Untuk selanjutnya, bila ingin menentukan mana yang pantas untuk menjadi Kerajaan/Negara Wei, Shu dan Wu, maka hanya individu pembacalah yang bisa menentukan, karena ini merupakan artikel yang hanya menggambarkan kondisi yang ada berdasarkan Opini saja. Tidak relevankan bila kita tentukan mana yang mirip dengan kerajaan/Negara Wei, Shu atau Wu. 

Tiga Kerajaan/Negara besar ini sangat hebat dan kuat dalam mengembangkan Kerajaan/Negara mereka, seperti para Pramuka Penggalang di tiga wilayah tersebut yang berupaya dengan hebat untuk mengembangkan kegiatan dan prestasi mereka. Itulah hal yang bisa menginspirasi kita bersama untuk selalu dan barusaha berkembang dan mengembangkan untuk kemajuan Pramuka Indonesia. 

Demikian sedikit mengekpresikan opini dalam posting artikel ini, bila ada yang kata-kata yang kurang berkenan atau kisah yang kurang tepat, mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan beri kami masukan agar penulis bisa memperbaiki artikel tersebut.

Tetap Bersemangat,
Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan, 
Jayalah Pramuka Indonesia
Terima Kasih dan Salam Pramuka !!!

Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar