} -->


web stats

Sabtu, 22 Maret 2014

Hutan dan Rantai Kehidupan Manusia

Artikel Elbi & Melti


Disela-sela menikmati rasa santai, browsing iseng di Facebook ada info yang perlu sekali untuk kita perhatikan, dan itu membuat aq juga perlu untuk ikut berpartisipasi pada kampanye yang mereka usung, bukan kampanye politik kok, tenang aja, ini kampanye untuk lingkungan hidup. Baca dulu saja lalu ikut dukung juga ya... :)

Hutan dan Rantai Kehidupan Manusia
ditulis oleh Longgena Ginting - 21 Maret, 2014 di 12:54



Hari ini 21 Maret kami mengajak seluruh penduduk bumi berhenti sejenak dan mengingat kembali peran hutan, manfaat hutan, ancaman yang dihadapi hutan serta bagaimana kita bersama bisa menjaga dan melindungi hutan. Mengapa hari ini? Hari ini di tandai dunia sebagai hari hutan sedunia.

Hutan, nafas dan hidup kita
Hutan adalah garis pertahanan pertama planet bumi, Dengan menyimpan hampir 300 miliar ton karbon – atau sekitar 30 kali jumlah emisi tahunan yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Ini artinya, menghancurkan hutan sama dengan menghancurkan hidup manusia di bumi ini.  Yang sedang menjadi ancaman untuk hutan detik ini adalah ancaman bagi aku, kamu dan kita semua makhluk bumi.
Hutan menyediakan obat-obatan penting. 70% dari tanaman yang teridentifikasi memiliki karakteristik anti-kanker oleh US National Cancer Institute hanya ditemukan di hutan hujan tropis. Sekitar seperempat dari obat yang digunakan dalam obat-obatan konvensional berasal dari tanaman hutan hujan.
Rantai kehidupan. Hutan adalah rumah bagi lebih dari 50% dari seluruh spesies tumbuhan dan hewan. Dalam beberapa terakhir tarif ratus tahun kepunahan telah meningkat sampai seribu kali. Angka ini bisa meningkat lagi jika kita tidak melindungi hutan kita.
Lebih dari 300 juta manusia bergantung pada hutan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Kegagalan untuk melindungi hutan mengancam rumah dan mata pencaharian kami.

Kita berperan penting
Greenpeace mengajak kamu untuk melakukan sesuatu yang nyata bagi perlindungan hutan dan masa depannya di hari hutan ini. Menjadi konsumen yang bijak dan bertanggung jawab atas produk-produk hasil hutan. Mengetahui asal dari setiap produk yang kamu gunakan sehingga kamu tidak menjadi bagian dari penghancuran hutan.  Setiap perusahaan harus bertanggung jawab atas produknya yang bebas dari rangkaian penghancuran hutan. Ditegakkannya Kebijakan-kebijakan pemerintah yang baik dan implementasi dengan benar untuk melindungi hutan dan seluruh warga.

 “ ketika hutan hilang bukan cuma masyarakat yang ada dalam hutan saja yang menerima dampaknya, tapi seluruh dunia menerima dampaknya” ~ Navicula band


Sumber :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/hutan-dan-rantai-kehidupan-manusia/blog/48592/?utm_source=twitter&utm_medium=blog&utm_term=032114_0203&utm_campaign=Forests&txtArea=twitter
atau http://act.gp/1lVm3BE
Lokasi: Singosari, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar