} -->


web stats

Selasa, 28 Januari 2014

Pramuka Malang Raya : Battle of Scout Yell

Artikel Elbi & Melti

Pramuka Malang Raya : Battle of Scout Yell


Saat ini istilah Battle of Scout Yell sedang hangat di Pramuka Penggalang Malang Raya. Mengapa bisa begitu, karena ini lah ajang di luar lomba untuk unjuk kebolehan dan skill Pramuka Penggalang dalam mengekspresikan yel-yel khas masing-masing. Saat sukses unjuk kebolehan dalam mengekspresikan yel2mu sob, saat itu pula kamu akan terkenal dengan kreatifitas dalam ber-yel2. Apalagi animo penonton yang memberikan applouse yang meriah, justru akan membuat kalian bangga dan penuh semangat. 

Kita Pramuka Pancargas juga ikut serta berbartisipasi mengembangkan battle yel tersebut. Itu bisa kita peroleh berdasarkan beberapa kali kita battle yel dengan Pramuka Gudep lain di Malang Raya. Berdasarkan pengalaman kami mengikuti battle yel-yel, ada berapa aturan yang bisa kita simpulkan agar battle yel tersebut menarik, hidup dan tentu saja bisa dinikmati oleh penonton. Untuk aturannya akan kita jelaskan berikut ini :


1. Don't Touch
Yang mendasar pada battle yel ini yaitu Don't touch, di sini maksudnya manampilkan yel dengan tidak melakukan kontak fisik dengan sengaja. Termasuk menerobos masuk barisan lawanmu dengan maksud untuk merusak barisan formasi lawan.

2. Don't Steal Rounds
Steal Rounds adalah mengambil kesempatan perform lawan. Dalam battle yel biasanya tidak ada batas waktu, jadi sah-sah aja kalau km bisa mencuri atau mengambil kesempatan tampil dari yel2 lawan. Tapi dalam hal ini justru akan menunjukkan bahwa kamu nggak menghormati lawan kamu.
Contohnya : sobat sekalian menampilkan yel2 yg berulang-ulang dan kesannya untuk mengulur-ulur waktu supaya lawan gak diberi kesempatan untuk tampil. Ini merupakan intimidasi yang nunjukin klo sobat itu egois n nggak menghormati lawan battle.
TAPI DISINI ADA BEBERAPA PENGECUALIAN:
- Misal kalau lawan kamu ragu untuk maju atau kelamaan maju untuk nampilin yel2 mereka, jadi boleh lah curi kesempatan tampil mereka.
- Kalau terjadi perform teman se-tim kamu crash / kamu merasa perform temen kamu kurang maksimal dan kamu merasa mampu untuk "mengcover" temen km yg crash itu, Langsung Masuk ketika teman kamu selesai perform. Jangan menunggu terlalu lama atau kamu dianggap mencuri kesempatan tampil team lawan.

3. Don't Interfere
Saat lawan kamu sudah memulai perform mereka, segera mundur!!
Betul sekali, kasih kesempatan lawanmu untuk tunjukin kemampuan mereka, kalau sepadan pastinya battle akan semakin seru.

4. Don't Mock Moves When Its Not Your Turn
Kalau kamu bisa melakukan bentuk formasi atau atraksi yg lebih baik dari lawan kamu, keluarkan saat giliranmu perform. Jangan pada waktu lawan km sedang perform.
Contoh: Paling sering saat panas2nya battle seperti bentuk piramid atau atraksi yang seru. Kalau lawan kamu sedang perform atraksi, km jangan ikut-ikutan dengan ngeluarin atraksi andalanmu atau ikut-ikutan. Tunggu lawanmu selesai, baru keluarkan perform andalanmu.

5. Don’t Trash Talking
Trash talking yang dimaksud adalah dengan sengaja menyinggung lawan kalian, apalagi dengan menggunakan kata2 kotor, menyinggung SARA dan tindakan atau sikap yang tidak sopan dan terkesan mengganggu.
Hal yang diperbolehkan dalam berkata dan bersikap pada saat battle yaitu :
- Menjaga supaya battlenya hype / hidup.
- Menjatuhkan kepercayaan diri lawan.
Aturannya: gunakan kata2 msh ada hubunganya dgn battle dan jangan berlebihan dalam mengejek lawan.

Pada dasarnya Battle yel2 itu dilakukan oleh 2 team (klo lebih juga tidak apa2) untuk adu kemampuan yel2 dan atraksinya, so selalu tetap jaga persahabatan dan kesopanan dan yang paling penting tidak menyinggung SARA ya. Lakukan battle dengan sportifitas yang tinggi, hindari tawuran ya.


Berikut ini kita tampilkan salah satu video battle yel-yel kita bersama Scout Kanggala, untuk sekedar memberi gambaran bagaimana battle yel2 yang pernah kita lakukan. Jadi selamat menikmati.


Kunjungi ini :
Lokasi: Singosari, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar