} -->


web stats

Rabu, 01 Januari 2014

KALAIDOSKOP 2013 PRAMUKA PANCARGAS SMP N 3 SINGOSARI



KALAIDOSKOP 2013 PRAMUKA PANCARGAS 
SMP N 3 SINGOSARI



Sebuah perjalanan panjang Pramuka Pancargas, mulai awal tahun 2013 sampai dengan sekarang. Banyak hal yang kata alami bersama dan berjuang penuh untuk Gugus Depan kita tercinta Pancargas pangkalan SMP N 3 Singosari. Dan akhirnya inilah perjalanan Elbi n Melti  yang kami rangkum  dalam KALAIDOSKOP PRAMUKA PANCARGAS SMP N 3 SINGOSARI, check it out…!



Januari 2013



Latihan dan Lomba Gerakan Pramuka Penggalang Se-Malang Raya di SMA N 1 Bantur. dengan peserta dan materi yang mengesankan, meliputi :  
-Sandi           -Morse                 -Pionering          -Semaphore

-Teksta          -UUD 1945           -yel yel               -FBB               -Hasta Karya
Di lomba ini pertama kalinya kami mengirimkan 4 regu.
Dengan jumlah personil yang besar maka perjuangan dan tantangan juga semakin besar.
Dengan doa dan pelaksanaan yang penuh tanggung jawab, hasilnya pun cukup memuaskan.
Ini sebagai awal permulaan perjuangan di tahun 2013
yang penuh semangat.



Pebruari 2013



Perjuangan kedua kami di SMK PU dengan nama Lomba Terampil Penggalang III Se-Malang Raya. banyak hal baru yg harus kami pelajari dan persiapkan.

Materi lomba ini A.L :
-Mading 3D         -PBB                      -Miniatur Pionering          -Sandi

-KIM                    -Teksta                   -Semaphore                    -Morse

Dengan melalui banyak hal yang tak terduga, jumlah peserta yang besar dan dengan persaingan ketat dari seluruh peserta. Sungguh membuat kami terpana dan terkagum-kagum.

Akhirnya kami memperoleh prestasi yang tidak kalah hebat di lomba sebelumnya.
Sungguh mengesankan, kami sangat bersyukur untuk itu.



Maret 2013



Berikutnya Lomba Prestasi Penggalang X (LOSIGAL X) oleh SMAN 1 Batu.

Dengan waktu latihan yang singkat dan informasi lomba yang sedikit pula, kita berjuang dengan sepenuh hati untuk mempersiapkan lomba yang bertempat di Lemjiantek dan Arhanud ini.

Hmm… materi di lomba ini juga mengesankan yaitu :

- Testa      -Tespram        - Jelajah Med             - Debat bahasa jawa       - Pionering
- yel -yel   - pensi           - Parade/Karnaval      - PBB                            - Penendaan  
- Sandi Morse dan Semaphore    - FBB

Lomba ini sungguh menguras energi dan mental kita. Hingga kondisi terparah adalah banjirnya bumi perkemahan. Pasti serulah (baru pertama kebanjiran pas kemah)… :p

Tapi kita bias tenang, karena perjuangan kami terbayar dengan suksesnya kegiatan ini dan tentu saja tidak ketinggalan prestasi yg mengikuti. Ini hadiah ulang tahun untuk kakak Pembina kita Kak Abu Hamid, selamat ya kak, doakan kami untuk sukses selalu ya… :)

 

April 2013



Bulan ini Lomba Galang Prestasi Se-Kabupaten Malang di SMA 1 Turen. Ini merupakan perjuangan utuh untuk Pancargas kelas delapan.

Dalam persiapan lomba ini kita harus berpindah-pindah tempat karena sekolah digunakan untuk Try Out kakak kita kelas sembilan. Adapun materi lomba ini yaitu :  
- Yell-yell        - Hasta karya               - Mading              - Teksta - Pidato                
- PPGD         - Pionering                   - Masak               - Sandi Morse Semapor

Di lomba ini persaingan dari rekan2 Pramuka Malang Selatan sungguh hebat dan memukau. Kami merasa kaget dengan hal tersebut.

Prestasi yang kami peroleh saat ini tidak sesukses yang sebelumnya, tapi kami bersyukur untuk itu.

Dan selanjutnya harus kita perbaiki di kesempatan berikutnya.



Mei 2013



Bulan ini ada juga hal yang mengecewakan.

Jadi bulan ini kami putuskan untuk beristirahat. Ya kita perlu refresing jugakan.
Dibulan ini kami memilih refresing dengan mencuci tenda di sungai dekat pemandian Kendedes. Berbasah-basah dengan seru. Tidak cukup dengan itu, setelah selesai mencuci tenda kita menuju supermarket Ramayana Robinson. Disini kita menjelajahi wahana Rumah Hantu Jepang. Sungguh menegangkan wahana ini, yang awalnya semua berkata berani, tapi setelah membeli tiket teman2 jadi tidak bernyali alias takut karena melihat pengunjung sebelumnya lari ketakutan. Setelah selesai dengan rasa takut dan sebagainya, hehe.. waktunya narsis sama mbak n mas hantunya, hingga selanjutnya bersiap n ACTION…  selesai deh foto2nya.

Tidak cukup dengan itu, selanjutnya shoping n blanja dlu (yg cwe’ tu jelas kn hehe…), sisanya kita menuju wahana permainan Zone 2000. Kita mulai bermain game dan juga yg seru itu bekerja sama untuk ngumpulin tiket sebanyak-banyaknya untuk ditukar dengan hadiah. Dan endingnya dapet 600 tiket lalu ditukar dengan snack 2 pack. Serulah dan pastinya mengesankan ya. Puas untuk saat ini.





Juni 2013



Bulan ini kami masih berkesempatan untuk mengikuti lomba yaitu Lomba Pramuka Tingkat Penggalang IX Se-Jawa Timur di SMK N 1 Singosari.

Persiapan lomba ini sungguh perjuangan yang berat, karna kami kembali mangirimkan empat regu dan juga berdekatan dengan Ujian Akhir Semester. Ya tapi kami memang harus siap untuk itu dan untuk itulah kami dipersiapkan, so maju terus deh untuk berjuang.

Materi di lomba ini yaitu :

-Penendaan     -Pionering         -Pentas seni       -FBB          -LBB         -Yel-yel

-Penjelajahan   -PPGD              -Bivak                -Pidato        -Puisi        -Tekta

-Tekpram         -Menggambar     -Paint art           -Ms Exel

Perlombaan disini sunggu mengesankan, terdapat lawan yg hebat dan tak terduga, kami pun harus berjuang dengan sangat keras tanpa lelah, dan spesialnya kawan2 kita juga banyak yang datang membantu untuk memasak makan siang kami. Terima kasih ya kawan.

Di perlombaan ini kami berhasil dan sukses. Memang perjuangan yang tidak sia2. Terimakasih dan penuh bersyukur untuk keberhasilan di lomba ini.



Juli 2013



Beristirahat penuh ya kawan, mencari yang special untuk diri kita masing2 ya



Agustus 2013



Bulan ini bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan dan Hari Kemerdekaan NKRI. Kegiatan kita mengikuti upacara Hari Kemerdekaan dengan kostum yang baru dan elegan, juga tidak lupa narsisnya ya.

Selanjutnya kegiatan buka puasa bersama dan syukuran untuk semua rezeki yang sudah kita terima. Disini kita bersama dan bergotong royong untuk memasak makanan berbuka, tentu dengan menu yang istimewa ya. Selain itu kita kedatangan tamu istimewa yaitu kawan dari MATSNUEPA yang tentu datang dengan membawa inspirasi dari kakak pembinanya yaitu Kak Baroq. Sangat berkesan untuk acara buka bersama tahun ini.



September 2013



Kegiatan Jambore Ranting Kwartir Ranting Singosari.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari satu malam. Perjuangan yang cukup mengesankan. Banyak potensi baru yang muncul, banyak regu-regu baru yang hebat-hebat, tentu semua untuk keberhasilan Kwartir Ranting Singosari. Materi di lomba ini yaitu :

-Morse            -Pionering             -Jelajah Medan            -PPGD               -Yel yel

- FBB              -Teksta                  -Hasta Karya               -Pentas Seni        -PBB

-Semaphore

Banyak pengalaman yang menyenangkan di Jambore ini, dengan penuh harap dan doa, akhirnya kita berhasil memperoleh prestasi yang gemilang di perlombaan ini.



Oktober 2013



Oktober ini kita laksanakan dengan latihan yang menyenangkan untuk mempersiapkan materi-materi yang tentu banyak sekali hal yang harus kita pelajari.



November 2013



Pelantikan Rakit untuk PCG kelas 8 dan Ramu untuk kelas 7.

Kegiatan ini berawal dengan tes yang dilaksanakan di sekolah pada hari2 sebelumnya. Puncak kegiatan ini dilaksanakan dengan penjelajahan dengan rute Lap. Tumapel menuju Candi Sumberawan. Perjalanan dimulai dengan start pukul 08.00 WIB. Dengan melewati pos-pos yang sudah dipersiapkan kakak Pembina kami siap untuk menyelasaikan semua. Setelah melewati pos 3 terjadi musibah dengan salah satu kakak kita, belaiu terjatuh dari sepeda motor. Dan endingnya kakak2 pembina mengalihkan rute finish di lapangan dekat pemandian Kendedes. Walau begitu tetap saja kita dikerjain habis-habisan sama kakak kelas 9, mulai dari lumpur, berjalan di sungai dan juga beryel-yel dengan muka penuh lumpur.

Kegiatan ini di akhiri dengan dilantiknya kita menjadi penggalang rakit untuk kelas 8 dan ramu untuk kelas 7. Walau dengan berendam di sungai cukup mengesankan pelantikan kami.



Desember 2013



Giat Prestasi Penggalang 2013 Kwartir Cabang Malang.

Wow lomba ini dengan info yang mendadak dalam seminggu latihan untuk mempersiapkan lomba tersebut. Materi lomba pada kegiatan ini yaitu :
pos1                                      pos2                                      pos3
semaphore                            sket. panorama                     bivak
sandi                                     menaksir                                forum penggalang
testa                                      kim                                         poster
semua berjalan lancar hingga terjadi hujan di tengah perjalanan di lomba ini. Banyak hal yang terjadi terutama di regu melati putih, tapi tenang semua bisa teratasi dengan baik. Dan dalam lomba ini kita kurang berhasil, tapi menurut kita ini sudah cukup untuk memulai prestasi di era kita.


demikianlah kalaidoskop tentang kita selama 2013
banyak yang harus kita pelajari dan banyak juga yang harus kita tingkatkan
Semoga di tahun baru ini Pramuka Pancargas bisa tambah sukses dan tambah berjaya
Semangat baru di tahun 2014
Selamat tahun baru kawan...

Back Cerita 
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar