} -->


web stats

Jumat, 27 Desember 2013

MENAKSIR ALA PANCARGAS PRAMUKA SMPN 3 SINGOSARI

MENAKSIR ALA PANCARGAS

     Menaksir itu adalah mengira-ngira. Oleh karena itu jika hasil penaksiran berbeda sedikit dengan kenyataan sebenarnya (dengan batas tertentu yang masih sesuai toleransi) sudah dianggap baik/benar.
   Dalam kegiatan alam bebas atau penjelajahan seorang Pramuka diharapkan bisa memperkirakan atau menaksir tinggi pohon atau tebing, lebar sungai, kedalaman sungai dan juga kecepatan arus sungai. Selain itu kecakapan ini juga di ujikan dalam SKU penggalang.
        Karena pentingnya materi manaksir, maka kami memposting materi tersebut agar dapat menjadi referensi latihan yang bermanfaat bagi sobat Pramuka yang membutuhkan. so ikuti deh materinya. check it out... !!



Menaksir Kecepatan Arus Air

Untuk bisa mengetahui kecepatan arus air, langkah2 yg harus dilakukan sebagai berikut:
1. Carila satu benda yg bisa mengapung (kayu, daun, dll)
2. Tetapkan jarak A-B adalah 2 m (usahakan mencari lintasan air yang lurus dan tidak banyak rintangan)



3. Jatuhkan benda yg bisa mengapung tersebut.
4. Hitung waktu yg dibutuhkan benda mengapung tersebut untuk mengalir dari A sampai ke B
5. Hitung kecepatanya dgn mengunakan persamaan
        Kecepatan = AB  / waktu
                          = 2 m / waktu
  

Menaksir Lebar Sungai

Menggunakan Metode Perbandingan Segitiga
1.  Tetapkan A titik sebagai acuan di seberang sungai (pohon, batu, dll). Tetapkan titik lain yg lurus terhadap titik A, lalu tunjuk salah satu temanmu berdiri di titik tersebut kemudian tetapkan sebagai titik B.

 

3.  Berjalanlah di sisi sungai menjauhi titik B sejauh 6 m, lalu tunjuk lagi salah satu temanmu berdiri di titik tersebut kemudian tetapkan sebagai titik C.
4.  Dari titik C, berjalan lagi di sisi sungai sejauh 3 m, lalu tunjuk lagi salah satu temanmu berdiri di titik tersebut kemudian tetapkan sebagai titik D.
5.  Dari titik D tersebut berjalanlah menjauhi sungai, dengan pandangan melihat ke titik C, berjalanlah lalu berhentilah jika sudah melihat titik C dan titik A tepat satu garis.
6.  Dengan menggunakan persamaan perbandingan dua segitiga maka akan diperoleh persaman akhir yang sederhana yaitu 
 Jarak AB = 2 x DE


Menaksir Ketinggian Suatu Benda

Metode Kesebandingan Dua Segitiga


1. Pertama tentukan titik A pada ujung atas pohon dan titik B pada dasar pohon 
2. Selanjutnya kita berjalan dari pohon sejauh 11 m, lalu tunjuk seorang temanmu untuk berdiri dengan membawa tongkat, pada tongkat kita tentukan titik E pada sisi tongkat yang menempel di tanah.
3. Dari titik E kita maju 1 m ke titik C. Di titik C, kita bertiarap dan intai ujung atas pohon melalui Sisi tongkat. Perhatikan tinggi pohon terletak dimana pada tongkat lalu kita tentukan titik D pada tongkat tersebut.
4. Dengan menggunakan persamaan kesebandingan dua segitiga, maka dapat kita tentukan tinggi pohon dengan persamaan akhir yaitu
 Tinggi AB = 12 x DE.

Lokasi: Singosari, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar