} -->


web stats

Kamis, 26 Desember 2013

Regu Elang Biru Pramuka SMP Negeri 3 Singosari

Regu Elang Biru SMP Negeri 3 Singosari

MAKNA ELANG BIRU (BLUE EAGLE)
Sejarah Elang Biru di Indonesia dimulai dari Tim Aerobatic Elang Biru secara resmi dibentuk pada tahun 1995 dengan 6 pesawat terbang F-16 dari Skuadron 3 (skuadron pertama yang membentuk tim aerobatic's di Indonesia), tetapi langkah-langkah awal untuk pembentukan tim ini sudah dimulai pada tahun-tahun sebelumnya. Demonstrasi publik pertama tim Aerobatic Elang Biru adalah pada 5 Oktober 1995, saat perayaan ulang tahun ke 50 Angkatan Bersenjata Republik Indonesia di Halim Perdana Kusuma. Pesawat tersebut menggunakan skema warna khusus yaitu dengan warna biru dan kuning. Debut asing pertama Elang Biru  berada di Singapore Air Show pada tahun 1996. Setelah beberapa tahun yang singkat keberadaannya, tim itu dibubarkan pada tahun 2000. Berangkat dari semangat dan kebanggaan itulah kita menggunakan nama besar  Tim Aerobatic Elang Biru bagi regu putra kami di Gugus Depan Pramuka Pancargas di Pangkalan SMP Negeri 3 Singosari.


KIASAN BADGE REGU ELANG BIRU
Kiasan Gambar :
1.   Burung Elang : 
Sesuai dengan keputusan kwarnas nomor 055 tahun 1982 tentang tanda pengenal, tanda umum,  tanda kecakapan umum. Burung Elang merupakan burung gagah perkasa, cerdik dan cermat.
2.   Nama Elang Biru :
Diambil dari nama sebuah pesawat tempur F-16, yang melambangkan begitu canggih dan mutakhir pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI-AU. Melambangkan bahwa Pramuka Pancargas mampu bergerak cepat melesat seperti pesawat F-16.
3.   Pesawat :
Menunjukkan lokasi Gugus Depan yang berada di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.
4.   Posisi pesawat mengudara dan Burung Elang menukik ke bawah :
Menjelaskan bahwa pasukan pramuka PANCARGAS siap menjalankan tugas untuk negara dan masyarakat pada umumnya serta Gugus Depan pada khususnya.
6.   Angka 26137 :
Menunjukkan nomor gugus depan anggota putra Gerakan Pramuka SMP Negeri 3 Singosari.


Back To History                                       To Melati Putih  
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar