} -->


web stats

Senin, 30 Desember 2013

SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA


Sejarah Perumusan Pancasila


Pada postingan kali ini akan kita bahas tentang sejarah perumusan Pancasila. Artikel ini kami susun dalam bentuk kolom agar lebih teratur dan lebih mudah dipahami.


No
Tanggal
Sejarah
1
7 September 1944
Perdana Menteri Kaiso mengucapkan pidato di parlemen Jepang yang diantaranya mengatakan akan memberikan kemerdekaan bagi Indonesia. Dikenal dengan “Kaiso Declaration”
Pemerintahan Kaiso jatuh sehingga membuat janji tersebut tidak terealisasikan
2
29 April 1945
Selanjutnya bertepatan dengan Ulang Tahun Kaisar Hirohito, Jepang memberikan janji untuk yang kedua berupa “Kemerdekaan Tanpa Syarat”.
Pembentukan BPUPKI di mulai, Nama Lain BPUPKI (Dokuritsu Zyunbi Tioosakai). Diketuai oleh Dr. KRT. Radjiman Wediodiningrat
3
29 Mei 1945
Mr. Muh Yamin mengusulkan dasar negara yaitu ; Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.
4
31 Mei 1945
Mr. Soepomo berpidato mengenai Ilmu Negara atau sistem pemerintahan. Ada 3 yang disampaikan yaitu
a.    Negara ialah masyarakat hukum (legal society) yang disusun atas kontrak seluruh orang dalam masyarkat itu. (Individualisis Liberalis).
b.    Negara ialah alatnya golongan yang mempunyai kedudukan ekonomi yang paling kuat untuk menindas golongan lain yang mempunyai kedudukan lemah. (Kapitalis komunis).
c.    Negara ialah susunan masyarakat yang integral, segala golongan, segala anggota hubungannya erat dan merupakan persatuan masyarakat yang organis.
5
1 Juni 1945
Ir. Soekarno mendapat giliran pidato. Beliau memaparkan dasar negara (philosophiche gronslag) yang disebut olehnya dengan istilah Pancasila. Isinya adalah; Kebangsaan Naional (nasinalisme). Kemanusiaan (internasionalisme), Musyawarah mufakat perwakilan, Kesejahteraan sosial, Ketuhanan yang berkebudayaan. Dia juga menyampaikan bahwa jika pendapatnya kurang diterima dapat di peras menjadi trisila atau jika masih belum bisa diperas lagi menjadi ekasila yaitu gotong royong.
Setelah sidang pertama BPUPKI selesai dibentuk panitia kecil lagi yang disebut Panitia Sembilan yaitu ; Ir. Soekarno (ketua), Mr. Moh Yamin, K. H. Wachid Hasyim, Drs. Moh Hatta, K. H. Abdul Kahar Muzakir, Mr. Maramis, Mr. Soebardjo, Abikusno Tjokrosujoso, H.Agus Salim.
6
22 Juni 1945
Panitia Sembilan bersidang dan menghasilkan Pancasila yang oleh Moh. Yamin dipopulerkan dengan istilah Piagam Jakarta, isinya sama dengan Pancasila pada saat ini tap pada sila pertama ada perbedaan yaitu “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan sariat islam bagi pemeluk-pemeluknya.
7
10 Juli 1945
Sidang 2 BPUPKI dimulai dengan Ir. Soekarno menjelaskan tentang Piagam Jakarta. Dalam sidang ini dimulai pembuatan UUD 1945 (pasal demi pasal) dan diserahkan pada Mr. Supomo.
8
7 Agustus 1945
Jendral Terauchi menyetujui pembentujan PPKI (Dokuritsu Zyunbi Iinkai) yang bertugas melanjutkan BPUPKI dalam memindahkan pemerintahan Jepang ke tangan pemerintahan Indonesia.
9
14 Agustus 1945
Saat Nagasaki dan Hirosima di Bom Atom oleh sekutu dan Jepang mengaku kalah. Setelah mendengar berita tersebut golongan muda lebih agresif untuk secepatnya menghendaki kemerdekaan tanpa menunggu janji Jepang lagi.
10
16 Agustus 1945
Perumusan Proklamasi berlangsung di Rengas Dengklok
11
17 Agustus 1945
Akhirnya  Proklamasi dibacakan. Dan Indonesia Merdeka
12
18 Agustus 1945
Pancasila resmi tertuang dalam resminya UUD 1945

Sumber : Mengadopsi beberapa artikel dan didukung oleh buku-buku sejarah di Perpustakaan SMP N 3 Singosari.
Lokasi: Singosari, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar