} -->


web stats

Jumat, 27 Desember 2013

Regu Melati Putih Pramuka SMP Negeri 3 Singosari


Regu Melati Putih SMP Negeri 3 Singosari

MAKNA MELATI PUTIH (WHITE JASMINE)
            Melati putih merupakan salah satu dari bunga kebanggaan nasional Indonesia (ditetapkan secara resmi melalui Undang-undang tahun 1990 sebagai “Puspa Bangsa”), dua bunga nasional lainnya adalah anggrek bulan dan padma raksasa.
            Makna penting melati putih dalam budaya Indonesia adalah dikenal sebagai bunga suci dalam tradisi Indonesia yang melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan juga ketulusan. Ia juga melambangkan keindahan yang sederhana, dan kerendahan hati, karena meskipun bunga putih ini kecil dan sederhana, tetapi wanginya harum semerbak. Makna indah dan anggun dalam kesederhanaan dan kerendahan hati itulah yang menginspirasi kami untuk menggunakan bunga Melati Putih bagi regu putri Gugus Depan Pramuka Pancargas di Pangkalan SMP Negeri 3 Singosari.


KIASAN BEDGE REGU MELATI PUTIH
Kiasan gambar :
1.  Bunga Melati :
Sesuai dengan keputusan kwarnas nomor 055 tahun 1982 tentang tanda pengenal, tanda umum,  tanda kecakapan umum . Melati Putih adalah bunga yang melambangkan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati.
2.  Melati Putih :
Melati Putih yang bermakna suci, anggun, dan tulus akan tujuannya, menunjukkan bahwa pribadi Pramuka Pancargas tidak akan menyimpang dari Trisatya dan Dasadharma.
3.  Tunas Kelapa, Angka 26138 dan Pesawat :
Menunjukkan bahwa Gerakan Pramuka dengan nomor Gugus Depan 26138, Pangkalan SMP Negeri 3 Singosari berada di Lingkungan TNI-AU Lanud ABD. Saleh
4.  Melati putih yang kecil bentuknya tetapi wanginya harum semerbak :
Mengartikan walaupun banyak kekurangan tapi masih memiliki kelebihan.
5.  Kuncup Melati di pangkal dengan daun yang besar :
Yaitu PANCARGAS lahir di lingkungan TNI AU, yang sampai saat ini masih berkibar di lingkungan Kwartir Ranting Singosari.
6.  Bunga Melati ada yang besar, sedang, kuncup dalam satu tangkai :
Yaitu PANCARGAS memiliki 3 golongan yaitu : pembina, penegak, penggalang berjalan bersama membentuk manusia seutuhnya sesuai dengan tujuan nasional dengan dilandasi Pancasila, Trisatya, dan Dasadharma. 

Back To History                                          To Elang Biru

Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar