} -->


web stats

Kamis, 26 Desember 2013

SEJARAH PRAMUKA GUDEP KAB. MALANG 26137-26138 PANCARGAS SMP NEGERI 3 SINGOSARI

SEJARAH PRAMUKA PANCARGAS


     PANCARGAS adalah nama sebuah motor atau mesin jet yg ditemukan pada era 1930-an oleh para ahli mesin Inggris. Pada tahun 1930, seorang perwira angkatan udara merencanakan untuk memanfaatkan motor PANCARGAS untuk perusahaanya dan selanjutnya digunakan menjadi pesawat pe-bom pertama (Air Craft Brian William, 1979) pada saat Perang Dunia II.


     Di Indonesia pada masa revolusi, Pancargas digunakan nama sebuah Skuadron Tempur Udara yang hebat milik TNI- AU, dan sekarang menjadi 3 tim tempur dengan pesawat yang canggih F-16. Berangkat dari situlah, Gugus Depan Kab. Malang 26137-26138 Pangkalan SMPN 3 Singosari menggunakan nama PANCARGAS, selain karena SMP Negeri 3 Singosari berada dan berkedudukan lingkungan TNI-AU Lanud ABD. Saleh Malang, nama PANCARGAS juga memiliki segi historis yang besar dan melegenda.

     Nama Pancargas pertama kali muncul pada tahun 1990 setelah SMP 7 Malang Berubah menjadi SMP 3 Singosari, dan pada saat itu Sanggar Pramuka terletak di sebelah laboratorium IPA / sebelah kolam ikan.

     Untuk Logo/Lambang Pancargas baru muncul dan dibuat oleh kak Arie Prihandoko (Angkatan 1992). Gagasan itu muncul saat beliau akan mengikuti LT3 mewakili Kwaran Singosari, lebih tepatnya pada tanggal 12 Agustus 1993 (inilah yg menjadikan patokan untuk menjadikan hari istimewa tersebut untuk menjadi hari jadi Gugus Depan tercinta kita). Setelah lulus SMP Kak Arie Prihandoko melanjutkan ke SMT Penerbangan Angkasa (sekarang SMK Penerbangan Angkasa) angkatan 1995. Setelah tamat dari SMT Penerbangan beliau melanjutkan study ke AADB jurusan Rangka Pesawat (Angkatan 1996). Lalu beliau melanjutkan study ke Universitas Nurtanio Bandung (Angkatan 2005). Saat ini beliau bekerja sebagai anggota TNI–AU di Lanud Husein Sastranegara Bandung (sejak tahun 2002 s/d sekarang)


     Nah sekarang sudah tahu kan sejarah Pancargas, jadi Pancargas itu bukanlah sebuah singkatan tapi berupa satu kata utuh yang memiliki historis yang besar dan melegenda. Nah, sekarang menjadi lebih bangga dan mantabkan. Jadikan sejarah ini sebagai motivasi kalian untuk menjadi orang hebat yang suatu saat nanti bisa menjadi legenda besar di Gugus Depan tercinta kita "PANCARGAS" baik saat kalian masih aktif maupun sudah lulus ya.


by Team Pancargas

Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar